Jumat, 17 Maret 2017

#170317 TM4. Toward Integrated Logistics

    Logistik adalah proses kegiatan mengelola barang untuk dipindahkan dan disimpan, berupa barang material, parts dan barang jadi ke supplier ke customer. Material tersebut berupa bahan bahan mentah yang telah melalui proses produksi atau yang belum diproses. Parts adalah bagian bagian dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan siap untuk dirakit.



https://www.slideshare.net/jagathyraj/logistics-managementjagathy


  Performa logistik memerlukan kegunaan waktu dan tempat. Kegunaan waktu yang dimaksud adalah barang yang dikirim harus sesuai dengan tujuan dan tepat waktu/efisien. Contohnya adalah Inggris membutuhkan Sweeter di musim dingin di bulan Desember. Indonesia harus menyelesaikan produksi kain rajut di bulan September agar bila ada kerusakan pada barang bisa diatasi dan sampai tepat waktu.Kegunaan tempat juga sangat diperlukan sesuai kebutuhan dan permintaan karena apabila ditempat asal barang berlebih sedangkan ditempat tujuan kekurangan. Contoh kegunaan tempat adalah belerang di gunung yang diangkat ke kota sebagai alat untuk pengobatan. Barang dipindahkan dari tempat yang surplus ke tempat yang kekurangan. 

   Tujuan dari kinerja adalah untuk menggapai tingkat yang telah ditetapkan pasar manufaktur oada pada pengeluaran total biaya terendah. Logistik mempunyai tanggung jawab yang mendasar untuk merencanakan dan mengelola sebuah sistem operasi yang mampu mewujudkan tujuan ini. Dalam luasnya tanggung jawab sistem administrasi dan perencanaan, banyak detail dan tugas tugas yang kompleks. Ciri ciri logistik adakah integrasi dari berbagai dimensi dan untuk penyimpanan dan pemindahan dengan cara strategis. 

Berikut ialah  sejarah perkembangan Logistik dari tahun ke tahun.

1. Logistik sebelum tahun 1950 ( Menuju logistik yang terintegrasi)
  - Prioritas tempat pemasaran modern ditempakan pada berikut
  (1) Baris Proloferasi, 
  (2) Jual produk identik luas melalui berbagai saluran pemasaran dan beragam jenis pengecer, 
 (3) Penjualan yang luas dari produk yang terdapat jasa,dikombinasikan untuk menciptakan kebutuhan yang baru dan kurang untuk dukungan fisik pemasaran

2. Tahun 1956-1965 (crystallization)
   Ada banyak faktor yang memberikan kontribusi kepada pengembang logistik, yaitu 4 arti khusus.
   1. Pengembangan total biaya analisis
   2. Penerapan sistem teknologi untuk mengembangkan hubungan dengan kompleks.
 3. Kinerja logistik bisa membuat terangsang generasi pendapatan sebagai hasil dari kineja pelanggannya
  4. Pengembangan dapat di bantu oleh peningkatan kesadaran akan pentingnya waktu, risiko, dan komitmen daya logistik secara keseluruhan.

3.Tahun 1965-1970 (Periode pengujian untuk Relevansi)
  Periode 1965 1970 adalah waktu dimana saat konsep dasar dari logistik yang akan diuji. hasilnya manfaat diprediksi akan menjadi konsep logistik lulus uji waktu.
    Manajemen barang dikembangkan sebagai penetapan area untuk memperoleh dan menghasilkan yang mengacu kapada bahan material/mentah untuk kegiatan produksi

 4. Tahun 1970-1978( Periode Perubahan Prioritas)
    Akhirnya, mungkin dampak yang paling signifikan dari periode itu pelembagaan berbagai aspek logistik dalam struktur organisasi perusahaan swasta dan publik tak terhitung jumlahnya.

 5. Tahun diluar 1978 (toward Integrated Logistics)
   Manajemen logistik memberikan logika yang dibuat menjadi lima alasan
   1.  Alasan pertama adalah kegiatan logistik mempunyai pekerja yang paling intensif dan tepat.
integrated logistical management
  2. Alasan kedua adalah bahwa konsep sempit akan menimbulkan terjadinya disfungsional dan pemikiran yang negatif.
   3. Alasan ketiga mengemukakan bahwa persyaratan untuk mengkontrol setiap jenis operasi harus sama atau serupa.
   4.  Alasan Keempat adalah sistem yang baru dan inovatif akan terbit dan membuat fasilitas logistik.
   5.  Alasan ke lima adalah manajemen logistik itu sebuah persyarat dari sebuah pemecahan














Referensi : a system Integration of physical distribution managemen and materials management Donald, J Bowersox (1978)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#TM14.010617 PTL(2)

No Nama Darat Rail Laut Udara 1 Konvensi ...