Jumat, 03 Maret 2017

#030317 TM-2 Definisi transportasi,Multimoda Transport, dan Multimoda Transport operator

Definisi Transportasi,Multimoda Transport, dan Multimoda Transport Operator

1.Definisi Transportasi

      "It can be argued that transportation is the glue that holds the supply chain together. The external forces driving change include globalization, technology, supply chain integration and consolidation, consumer empowerment, and goverment regulation and policy. Each of these five forces deserves some additional consideration in the present context."mengutip dari buku tentang Transportation a supply chain perspective chapter 1 halaman 5 karya Coyle-Novack-Gibson-Bardi
     
      Bisa dikatakan bahwa transportasi adalah lem yang memegang rantai pasokan bersama-sama. kekuatan eksternal mendorong perubahan ini termasuk globalisasi, teknologi, integrasi perubahan pasokan dan konsolidasi, Pemberdayaan konsumen, dan peraturan pemerintah dan kebijakan. masing-masing lima kekuatan ini pantas beberapa pertimbangan tambahan dalam konteks ini

      Saya berpendapat transportasi adalah kegiatan pemindahan barang,informasi,dan manusia yang digerakkan oleh manusia dan mesin dari tempat asal (origin) menuju ke tujuan (destinasi) yang akan dituju.Jadi transportasi adalah alat bisnis untuk melakukan pengiriman pasokan pasokan untuk mempermudah kan manusia untuk melakukan bisnis.


Ada beberapa jenis dari transportasi atau yang disebut moda(jenis) berikut adalah moda dari transportasi terdiri atas :
1. Air(udara)
2. Sea(laut)
3. Land(darat)
4. Rail(rel)
5. Pipe(pipa)

Berikut beberapa gambar moda transportasi
1. Air(udara)



 2. Sea(laut)


 3. Land(darat)







4. Rail(rel)






5. Pipe(pipa)







2. Definisi Multimoda Transport


    Pada buku MT convention 1980 pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa "International multimodal transport means the carriage of goods by at least two different modes of transport on the basis of a multimodal contract from a place in one country at which the goods are taken in charge by the multimodal transport operator to a place desingnated for delivery situated in a differen country. The operations of pick-up and delivery of goods carried out in the perfomance of unimodal transport contract, as defined in such contract, shall not be considered as international multimodal transport."

   Transportasi multimodal internasional berarti pengangkutan barang oleh setidaknya dua mode yang berbeda dari tranport atas dasar kontrak transportasi multimoda dari tempat di satu negara di mana barang yang diambil jawab oleh operator trasport multimodal ke tempat desingnated untuk pengiriman terletak di negara yang berbeda. Operasi pick up dan pengiriman barang dilakukan di perfomance jika kontrak transportasi unimodal, sebagaimana didefinisikan dalam kontrak tersebut, tidak akan dianggap sebagai transportasi multimodal internasional

 Menurut saya Multimodal Transport Internasional adalah pengangkutan barang dengan menggunakan 2 moda yang berbeda dan pengiriman pada satu negara akan tetapi berbeda lokasi pengiriman.

3. Definisi Multimoda Transport Operator

    Masih pada buku yang sama pada pasal 1 ayat 2 menyatakan bahwa "Multimodal Transport Operator means any person who on his own behalf or through  another person acting on his behalf concludes a multimodal transport contract and who acts as a pricipal, not as an agent or on behalf of the consignor or of the carriers participating in the multimodal transport operations, and who assumes responsibility for the perfomance of  the contract." 

     Multimodal Transport Operator berarti setiap orang yang atas nama sendiri atau melalui orang lain yang bertindak atas namanya menyimpulkan kontrak transportasi multimoda dan yang bertindak sebagai pricipal, bukan sebagai agen atau atas nama pengirim atau dari berpartisipasi dalam multimodal operator operasi transportasi, dan yang bertanggung jawab untuk kinerja kontrak. 

     Menurut pendapat saya Multimodal transport Operator adalah untuk mengatur transportasi barang dengan menggunakan lebih dari satu mode transportasi dan mengeluarkan dokumen transportasi untuk meriwayatkan perjalanan kargo tersebut. Multimodal Transport Operator patokan kewajiban untuk seluruh transportasi sesuai dengan kontrak antar pedagang.










Referensi 
- Coyle,Novack,Gibson,Bardi,(2011) Transportation a supply chain
- MT Convention 1980



Diterbitkan Oleh : Edrin Rahardi (224116180)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#TM14.010617 PTL(2)

No Nama Darat Rail Laut Udara 1 Konvensi ...