Jumat, 21 April 2017

#210417TM8 PTL(1)


SOAL NOMOR 1
A. Derived Demand adalah Permintaan barang dari tempat asal(destination) yang mengalami penurunan/defisit dan tempat yang mengirim(origin) akan mengalami surplus/kenaikan
    Place Utility adalah kenaikan/tambahan nilai ekonomi atau nilai kegunaan dari suatu komoditi yang diciptakan dengan mengangkutnya dari suatu tempat, dimana barang tersebut mempunyai kegunaan yang lebih kecil ke tempat dimana barang tersebut mempunyai kegunaan yang lebih besar

   Hubungannya adalah apabila terjadi Place Utility maka akan terjadi juga Derive Demand

B.Untuk memproduksi barang membutuhkan proses Forecasting, dan proses Forecasting itu peramalan dimana produsen  memperkirakan berapa banyak ia harus memproduksi barang yang sudah diperkirakan mencapai target

C. Time Utility adalah daya nilai guna suatu barang akan lebih berguna pada suatu waktu waktu daripada waktu lainnya
     Value Of Service Adalah Pematokan harga pada suatu produk.Semakin bagus produknya semakin diberikan pelayanan ke produk tersebut. 
            
D.Operational Planning adalah rencana produksi,Logistical Coordination yaitu aliran informasi dari customer /Consumer ke market supply, dan manajemen material adalah  prosesnya sudah mengawasi produksi barang. 
Jadi Operational Planning dan Logistical Coordination masuk ke dalam aliran informasi bukan ke dalam fisik apabila manajemen material bisa disebut aliran fisik


SOAL NOMOR 2
A . Intermodal adalah proses pengangkutan barang melalui beberapa moda yang dilakukan dengan sistem terhubung secara mulus dan efisien

B. Intermodality itu proses pengangkutan barang yang saling berhubungan dan berbagai kombinasi moda. Sedangkan menurut MT Convention 1980 adalah suatu pengangkutan barang dari suatu negara yang akan dituju yang membutuhkan 2 moda transportasi yang berbeda.

Hubungannya antar keduanya adalah pengangkutan barang yang saling berhubungan dan membutuhkan kombinasi moda

C. Tren atau komponen yang penting Derived Demand untuk Integrated Logistics yaitu :
  • Keahlian dalam industri dan berbisnis
  • Kecepatan pengiriman produksi
  • Globalisasi Ekonomi
  • Berintegrasi dari produksi ke customer 

D.1. Kecepatan pengiriman produks masuk pada Value  Of Service
    2. Keahlian Industri dan bisnis masuk pada Value Of Service
    3. Globalisasi Ekonomi masuk ke Derived Demand
    4. Berintegrasi dari produksi ke customer masuk pada Value Of Service

SOAL NOMOR 3
 A.3 alternatif Transportasi
         1. Private 
             Menggunakan transportasi  dengan cara membeli/menyewa
         2. Contract (kontrak)
             Menggunakan transportasi melalui charter/ dengan kontrak
         3. Common Carriage( angkutan umum)
             Menawarkan pengangkutan dengan biaya tertentu.
B. Kelebihan dan Kekurangan
   1. Private
       Kelebihan     : Bisa digunakan kapanpun dan sesuai dengan kebutuhan
       Kekurangan  : Tenaga menjadi terpakai
   2. Contract 
       Kelebihan     : Bisa dijaminkan perjanjian waktu dan bisa menghemat tenaga
       Kekurangan  : Memiliki beberapa persyaratan dan batas waktu
   3. Common Carriage 
       Kelebihan     : Dapat digunakan oleh siapapun dan dapat di gunakan secara bersamaan
       Kekurangan  : Lebih lambat
       
C. Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan oleh siapapun yang mampu memproduksi suatu produk
       Material adalah bahan mentah sebelum menjadi sebuah produk 
D. Integrated logistics dibagi menjadi 2 macam
     1. Logistical Coordination
Logistical Coordination merupakan struktur dari manajemen distrubusi,materials,dan pemindahan persedian Internal. 

     2. Logistical Operation     
Lalu Logistical Operation mencocokan dari berbagai perbedaan barang yang berdasasrkan permalan,pengolahan,pesanan,perolehan produk,perencanaan kebutuhan material.

   Total cost adalah harga keseluruhan dari biayan dalam logistik terpadu hubungan antara 2 subjek yaitu adalah total cost yang didapatkan dari logistical coordination.

SOAL NOMOR 4
A. Peran MTO dalam pengiriman FCL dan LCL adalah bertanggung jawab atas dokumen yang akan dibawa barang tersebut seperti perjanjian atau kontrak yang telah disepakati 
oleh shipper dan consignee tersebut.
B. Peran MLB menyebabkan transport cost daripada all water services karena pada pengiriman barang material biaya sudah mahal lalu bila barang jadi yang membutuhkan 2 moda sekaligus sehingga manjadi 2 kali bayar.
C. CY(Container Yard) :Tempat penumpukan negara asal sampai ke tempat penumpukan negara 
 tujuan
  CFS(Container Freight Station) : pengiriman barang dengan mode narang diambil langsun dari gudang dan aka dikirim kan ke gudang penerima.

Seller memakai antara term of service karena sesuai dengan kebutuhan seller

D. Terms of services MTO bahwa pegiriman dari seller dan oenerimaan barang ke buyer dengan pengoordinasian antara darat,lait,dan udara yang mencakup penerimaan,pengiriman dengan cara door to door, dan penyimpanan.


SOAL NOMOR 5
A. G : Perencanaan Operasi
     H : Non Manufacturing yang secara tidak langsung
     I   : Manufacturing : Perencanaan yang secara langsung terlibat dengan proses produksi
B. 


C. A : Pasar Konsumen dan Pasar Langganan
    N  : Penjual dan Pasar Suplai

 Peran Konsumen dan Pasar Langganan adalah untuk mengkomsumsi produk yand diproduksi oleh pasar sulpai dan penjual
Peran Penjual adalah untuk memproduksi untuk dikonsumsi oleh pasar konsumen yang dijual di pasar Konsumen 

D. Keterkaitan Penjual dan Pasar Konsumen terhadap Manajemen Distribusi fisik dan manajemen adalah manajemen tersebut juga operasional dari pasar produksi ataupun pasar konsumen. Jika tidak ada manajemen tersebut, Operasional tidak akan beroperasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#TM14.010617 PTL(2)

No Nama Darat Rail Laut Udara 1 Konvensi ...